Sabtu, 06 November 2010

Cuaca Extrem


Tulisan ini sebenarnya hanya sekedar iseng saja ingin bercerita. Akhir-akhir ini sering kita rasakan perubahan cuaca yang begitu hebat. Awalnya panas berubah jadi hujan deras. Cuaca yang sulit ditebak seperti sekarang ini terkadang membuat repot. Sudah sengaja pakai baju tebal dan bawa payung ternyata sehari cuaca malah panas. Sengaja pakai baju tipis dan tidak bawa payung malah hujan lebat.

BMKG memang sudah memberi pengumuman bahwa cuaca extrem akan sering terjadi soal penyebab pastinya yang mulai terbaca ya tidak jauh dari pemanasan global atau global warming.

Kalau dipikir-pikir cuaca tidak bersahabat seperti sekarang ini amat merugikan banyak pihak seperti petani. Hujan terus-menerus yang terjadi akhir-akhir ini pasti menggagalkan banyak panen, dampaknya harga kebutuhan pokok semakin mahal. Mungkin juga nelayan, cuaca extrem pastinya membuat mereka takut melaut. Gelombang tinggi yang sering terjadi pastinya menggangu aktifitas mereka. Belum lagi hujan yang terus terjadi menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat perkotaan seperti Jakarta.

Banjir dan bencana-bencana lain pasti dengan mudah dilihat diberbagai media akhir ini baik media cetak maupun elektronik.

Jakarta sebagai pusat dari perkembangan Indonesia mengalami masalah banjir setiap tahunnya. Terlalu banyaknya perumahan dan gedung-gedung pencakar langit membuat saluran-saluran irigasi meluap.

Jadi, apa tindakan nyata yang dapat kita lakukan untuk menghindari bahaya extrem saat ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.