Sabtu, 10 April 2010

Lebah dapat mengenali wajah manusia, studi menemukan

Sebuah penelitian menemukan bahwa lebah bisa belajar mengenali wajah-wajah manusia, selama mereka berpikir wajah tersebut mirip bentuk bunga. Penelitian ini sebagai salah satu bentuk untuk dapat meningkatkan pembangunan sistem pengenalan wajah, demikian dirilis HealthdayNews, baru-baru ini.

Dalam serangkaian percobaan, peneliti dari Australia dan Perancis mengatakan bahwa lebah dapat dilatih untuk mengenali pola wajah, seperti ketika mereka dihargai dengan berbuat manis untuk melakukannya. Namun, ini tidak berarti bahwa lebah dapat belajar untuk mengenali wajah manusia sebagai individu. Sebaliknya, lebah dapat mempelajari pengaturan relatif fitur yang menciptakan wajah, seperti pola, jelas peneliti. Lebah dapat menggunakan strategi yang sama untuk mempelajari dan mengenali objek yang berbeda dalam lingkungan mereka.

Sangat menakjubkan bahwa otak seukuran microdot dari lebah jenis ini dapat mencapai analisis gambar, kata para peneliti, yang mencatat bahwa manusia memiliki seluruh daerah di otak yang didedikasikan untuk tugas ini. Pendekatan untuk pengenalan wajah lewat lebah dapat terbukti bermanfaat dalam pengembangan sistem pengenalan wajah.


Dikutip dari : http://www.rileks.com/lifestyle/technoz/sains-teknologi/31641-penelitian-lebah-bisa-mengenali-wajah-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.