Rabu, 18 April 2012

OPEN SOURCE

Pada tahun 2012 ini, teknologi adalah sebuah bentuk kehidupan. Setiap detik, menit, dan jam ada sebuah teknologi baru yang diciptakan, teknologi bukan lagi sebuah ketakutan seperti beberapa puluh tahun yang lalu yang menganggap teknologi akan menyebabkan kehilangan pekerjaan dan tergantikannya fungsi kerja manusia. Saat ini teknologi berkembang menjadi “sahabat” yang mempermudah tugas manusia.

Komputer sebagai sebuah bentuk teknologi adalah yang paling pesat perkembangannya. Hampir setiap vendor berusaha menciptakan inovasi-inovasi dalam mengembangkan computer untuk membantu kehidupan manusia. Dimulai dari computer tabung hingga saat ini muncul laptop adalah bentuk inovasi manusia untuk mengembangkan teknologi.

Salah satu hal yang menjadi bagian dari teknologi adalah sumber daya yang menjadi pengisi teknologi itu sendiri. Banyak software yang baik dijual dipasaran saat ini. Produk-produk komersil ini tidak dipungkiri cukup mahal harganya. Hal inilah yang menyebabkan munculnya produk-produk open source.

Open source memiliki pengertian sebagai sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Keuntungan menggunakan open source adalah :

1. Ketersediaan source code dan hak untuk memodifikasi

2. Hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code

3. Hak untuk menggunakan software

4. Legal

5. Penyelamatan Devisa Negara

Kerugian menggunakan open source adalah :

1. Tidak ada garansi dari pengembangan

2. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property

3. Kesulitan dalam mengetahui status project

4. Support berbayar dan langka

5. Versi Beta, Stabil dan Tidak Stabil

Dari penjelasan diatas hal yang paling menjadi perbedaan dari produk open source dan produk komersil adalah harga. Harag yang relative tinggi menyebabkan banyak terjadi pembajakan software, oleh sebab itu ada baiknya kita menggunakan produk open source selain gratis, produk open source juga legal.




sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_terbuka

http://deluthus.blogspot.com/2011/03/keuntungan-kekurangan-open-source.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.