Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Fungsional pada Institusi Pendidikan

Organisasi Fungsional adalah organisasi yang menekankan pada fungsi tertentu. Setiap atasan adalah suatu individu yang kompeten pada bidangnya. Struktur Organisasi Fungsional memanfaatkan tenaga ahli di dalam bidang khusus semaksimal mungkin, sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu atasan sesuai dengan keahliannya.
Pada suatu system pendidikan organisasi yang ada didalamnya adalah bagian penting agar kedepannya institusi itu dapat berjalan dengan baik. Struktur oganisasi fungsional adalah suatu cara menjalankan institusi yang baik karena dengan pengajar yang terspesialisasi akan memudahkan para siswa atau mahasisiwa mendapat pengajaran yang baik
Namun,Organisasi ini mempunyai keburukan seperti para pengajar terkadang akan bingung karena mendapat perintah dari beberapa atasan. Solidaritas yang berlebihan karena tim pengajar bidang tertentu merasa lebih hebat dari yang lain.
Sistem pendidikan akan berjalan dengan baik dengan organisasi ini jika para anggota organisasi dapat meredam arogansinya.

Keburukan Struktur Organisasi Lini/Staf pada Institusi Pendidikan

Menurut Juhn Dewey, pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.
Dalam suatu system pendidikan pastinya ada organisasi yang bekerja didalamnya. Salah satu struktur yang dipakai adalah Lini dan Staf. Dalam organisasi ini staf bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat tetapi juga bertanggung jawab atas perintah atau nasehat tersebut.
Keburukan organisasi ini dalam institusi pendidikan adalah :

1. Tugas pokok para tenaga pengajar sering di nomor duakan.
2. Struktur organisasinya sangat rumit.
3. Adanya kemungkinan pimpinan staf melampaui batas kewenangannya, dan Perintah lini dan perintah staf sering membingungkan anggota organisasi karena kedua jenis hirarki sering tidak seirama dalam memandang sesuatu